My Links

Daun Nilam dan Khasiatnya


nilam
Daun Nilam
Nilam (Pogostemon cablin Benth.) adalah suatu semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan sama (minyak nilam). Dalam perdagangan internasional, minyak nilam dikenal sebagai minyak patchouli (dari bahasa Tamil patchai (hijau) dan ellai (daun), karena minyaknya disuling dari daun). Aroma minyak nilam dikenal 'berat' dan 'kuat' dan telah berabad-abad digunakan sebagai wangi-wangian (parfum) dan bahan dupa atau setanggi pada tradisi timur. Harga jual minyak nilam termasuk yang tertinggi apabila dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya.
Menurut sejarawan, minyak nilam telah berabad-abad digunakan oleh masyarakat Asia seperti Indonesia, Malaysia, India, Madagaskar, Cina dan sebagian daerah Amerika Latin seperti Paraguay dan Brazil. Harga minyak atsiri di pasar internasional berkisar 1.200.000 rupiah/kg, sedangkan di tingkat pertani Indonesia sekitar 250.000 hingga 300.000 rupiah/kg. "http://id.wikipedia.org/wiki/Nilam"




Disini akan kita uraikan beberapa manfaat dan khasiat dari minyak nilam.
  • Biasa digunakan adalah sebagai pengusir stress. Penggunaan yang teratur dari minyak nilam dapat memberikan rasa tenang dan nyaman.
  • Memiliki aroma yang unik. Aroma itu bisa langsung menyentuh fikiran dan jiwa. Itu sebabnya minyak nilam juga digunakan untuk membuat dupa dan parfum. Untuk menghasilkan aroma minyak nilam yang unik, minyak nilam dapat dicampur dengan minyak lain seperti cendana, mawar, melati, mur, dan jeruk.
  • Pijat dengan minyak nilam dapat menenangkan fikiran dan jiwa, melemaskan syaraf dan yang terpenting dapat menghilangkan stress. Dalam kasus dermatitis (radang kulit) dan depresi, minyak nilam merupakan obat yang paling mujarab.
  • Minyak ini juga dapat digunakan untuk penyembuhan berbagai masalah penyakit kulit. Minyak nilam memiliki sifat antiseptik lebih cepat dalam menyembuhkan penyakit kulit atau luka. Selain itu, minyak ini juga mencegah luka dari infeksi yang lebih lanjut.
  • Memiliki sifat anti penuaan (aging) dini. Minyak ini membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat. Juga efektif digunakan untuk bekas luka, keriput dan kulit kering.
  • Minyak nilam juga dapat mencegah timbulnya bau badan. Oleh sebab itu banyak digunakan sebagai bahan deodorant.
  • Minyak nilam melindungi kulit anda dari berbagai macam kerusakan. Minyak ini juga dapat menyembuhkan luka bakar dan bisul. Dengan penggunaan secara teratur, minyak nilam dapat menghilangkan bekas ruam akibat penyakit campak dan cacar.
  • Manfaat lain dari minyak nilam adalah untuk mengobati beberapa masalah seksual seperti hilangnya libido, impotensi, masalah ereksi dan frigiditas (sulit orgasme - biasanya wanita).
  • Dapat menurunkan kolesterol dan membantu menurunkan berat badan.
  • Digunakan dalam pengobatan seperti batuk, mual, diare, kedinginan dan sakit kepala. Terakhir, minyak ini membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

0 komentar:

Post a Comment